Kamis, 17 Juli 2008

FILSAFAT UMUM

Psikoanalitik

Filsafat teori sigmund freud

ID : Suatu komponen kepribadian seseorang yang di dalamnya berisi sikap impuls agresif dan libinal, sistem kerjanya juga selalu dengan prinsip kesenangan.


EGO : suatu kepribadian yang mempunyai tugas untuk melaksanakannya, sistem kerjanya di dunia luar selalu menilai sebuah realita dan selalu berhubungan erat dengan dunia dari dalam untuk mengatur dorongan - dorongan agar tidak terjadi pekanggaran nilai - nilai superego


SUPEREGO : Suatu moral yang berasal dari kepribadian manusia, karna ia merupakan suatu filter dari sikap yang baik dan yang buruk, salah dan benar, boleh dan tidak boleh dilakukan yang berasal dari ego.


5 Kebutuhan Maslow

  • Kebutuhan Fsikologi

Kebutuhan fsikologi merupakan kebutuhan yang amat teramat penting bagi kelangsungan hidup manusia di muka bumi ini, karena kebutuhan ini mencangkup semuanya sepertihalnya kebutuhan sandang, pangan, papan dan apabila salah satu kebutuhan ini tidak terpenuhi maka kelangsungan hidup manusia akan merasa kekurangan.

  • Kebutuhan Keamanan dan Keselamatan

Setiap jiwa pasti selalu menginginkan rasa keamanan serta keselamatan dimanapun ia berada sebab setelah terpenuhinya kebutuhan fsikologis setiap manusia pasti berusaha untuk memenuhi kebutuhan keselamatan dan keselamatan dimanapun mereka berada baik dari pencurian, keselamatan dari kecelakaan, pembunuhan dan sesuatu apapun yang akan merugikan jiwa raga serta harta.

  • Kebutuhan Sosial

Manusia merupakan mahluk sosial dengan sesama karena manusia di ciptakan oleh tuhan sebagai mahluk sosial yang hidup bersama orang lain dan selalu membutuhkan orang lain, sebagai mahluk sosial sudah selayaknya saling tolong - menolong, bantu - membantu, dan sling menghargai satu sama lainya.

  • Kebutuhan Penghargaan

Penghargaan merupakan suatu pengakuan serta penghormatan dari orang lain kepada seseorang yang mempunyai suatu sikap atau sifat yang baik untuk dijadikan sebagai panutan serta contoh bagi masyarakat setempat dan sangat bersifat individual. Penghargaan bisa berupa apa saja contohnya seorang yang di angkat menjadi tokoh masyarakat, dihargai, dihormati, menjadi terpandang dan disegani orang.

  • Aktualisasi Diri

Suatu kebutuhan berserta keinginan untuk bertindak sesuka hatinya dengan dibarenginya bakat serta minat seseorang karna aktualisasi diri merupakan suatu kebebasan seseorang untuk memilih arah jalan hidupnya masing - masing tanpa ada paksaan dari orang lain.

Tidak ada komentar: